Yuk Wisata ke Palembang!

Pernahkan Anda mengunjungi Palembang? Jika Anda sedang berada dalam ekspedisi Jakarta Sumatera, maka Palembang bisa menjadi salah satu destinasi Anda untuk mampir. Beberapa kabupaten di Sumatera Selatan, termasuk Palembang, mempunyai banyak tempat wisata yang menarik. Mulai dari sejarah hingga budaya, semuanya ada di Palembang.

Tempat Wisata Terbaik di Palembang

  1. Jembatan Ampera

Pasti Anda sudah tahu Jembatan Ampera, sebgai ikon dari Kota Palembang, maka jangan sampai Anda tidak mengujungi tempat wisata yang satu ini. Jembatan Ampera berlokasi di Jalan Lintas Sumetera, jadi jika Anda baru saja mengunjungi kabupaten di Sumetera Selatan, maka bisa jadi Anda akan melewati Jembatan Ampera.

Jembatan Ampera adalah jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Tentu saja hal ini dapat dimaklumi karena Jembatan Ampera mmepunyai panjang hingga 1000 meter. Pada tahun 2018, Jemabatn Ampera mendapatkan kehormatan besar sebagai tempat diadakannya pelaksanaan Asian Games. Sehingga terjdi renovasi yang membuat jembatan semakin cantik.

Jika Anda menyukai pemdangan lampu cantik tengah kota pada malam hari, maka Jembatan Ampera adalah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan pemandagan tersebut. Di sekitar jembatan terdapat pula penjual makanan sehingga Anda bisa meknikmati Kota Palembang sembari wisata kuliner.

  1. Masjid Cheng Ho

Jika Anda ingin menyempatkan diri untuk berwisata religi sembari mengikuti ekspedisi Jawa Sumetera, maka Masjid Cheng Ho merupakan tempat wisata yang tepat bagi Anda. Mungkin nama masjid ini terdengar aneh bagi Anda. Hal ini karena Masjid Cheng Ho adalah masjid megah dengan arsitektur Arab, Palembang, dan Tionghoa.

Dengan arsitektur yang berasal dari tiga tempat yang berbeda itulah nama masjid ini menjadi symbol multikultur di Kota Palembang. Nama lengkap masjid ini adalah Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho. Masjid ini mempunyai warna khas yaitu merah dan hijau. Di sinilah Anda bisa meloihat sejarah agama Islam di Kota Palembang.

  1. Benteng Kuto Besar

Selesai berwisata religi, kali ini kami akan mengantarkan Anda menuju wisata sejarah yang ada di Sumatera Selatan yaitu Benteng Kuto Besar. Tempat wisata ini berada di Bukit Kecil, Palembang. Selain berwisata di Benteng Kuota Besar, Anda juga akan berwisata di Sungai Musi karena memang tempatnya terletak di tepian sungai yang terkenal di Sumatera Selatan ini.

Benteng ini dulunya berfungsi sebagai pusat pemerintah Kota Palembang. Benteng Kuto Besar dibangun pada abad 18 dimana tempat ini berfungsi sebagai jantung pemerintahan dan pusat ekonomi dengna banyaknya pedagang yang ada di Sungai Musi. Temukan lebih banyak fakta menarik tentang Kota Palembang di tempat wisata yang satu ini.

  1. ย Pulau Kemaro

Tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Sumatera Selatan adalah Pulau Kemaro. Pulau ini berada di tengau Sungai Musi, Pulau Kemaro adalah pulau alami yang terbuat dari lumpur dan tanah yang terbentu di muara sungai sehingga menjadi sebuah pulau. Di tempat wisata ini terdapat pula Klenteng Hok Tjing Rio, Pagoda berlantai 9, hingga makam dari penunggu pulau.

Memang Pulau Kemaro sangat identic dengan kebudayaan Tionghoa. Sehingga waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Kemaro adalah pada saat warga setempat sedang merayakan Cap Go Meh. Banyak sekali acara yang dilakukan di pulau ini. Jika Anda hendak mengunjungi Pulau Kemaro, maka bisa menyeberang dari Jembatan Ampera.

Jadi, di antara empat wisata yang ada di Sumatera Selatan, tempat wisata mana yang hendak Anda kunjungi?

Yuk Wisata ke Palembang!
Scroll to top