Jangan Sampai Salah! Begini Urutan Skincare Malam yang Benar

Agar mendapatkan kulit wajah yang cantik, sehat, berseri, dan glowing, tentu perlu usaha yang ekstra. Salah satunya adalah dengan menggunakan skincare atau produk perawatan wajah. Skincare ini terbagi menjadi dua, yaitu skincare pagi dan skincare malam. Keduanya biasanya memiliki beberapa produk dan tahapan-tahapan yang berbeda.

Urutaan Pemakaian Skincare Malam

  1. Make Up Remover dan Face Wash

Tahapan dalam skincare malam yang paling pertama adalah menggunakan make up remover atau pembersih riasan wajah. Menggunakan make up remover, apalagi saat wajah dalam keadaan full make up dan seharian berada di luar ruangan, merupakan hal yang wajib agar wajah bersih dan bebas dari debu, kotoran, serta bekas riasan.

Mungkin ada beberapa orang yang berpikir bahwa menggunakan sabun pembersih wajah atau face wash sudah cukup untuk membersihkan wajah. Nyatanya, face wash tidak cukup untuk membersihkan kotoran dari debu dan riasan serta minyak berlebih yang ada di wajah. Kotoran dan minyak berlebih ini jika dibiarkan menumpuk dan tidak dibersihkan akan memicu jerawat.

Karena hal inilah, make up remover sangat diperlukan. Meski tidak menggunakan riasan pun, make up remover juga dibutuhkan untuk menghilangkan debu yang ada di wajah selama seharian penuh. Dalam menggunakan make up remover, sebaiknya gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Apabila telah memiliki produk make up remover yang paling sesuai dengan jenis kulit, Anda cukup menyiapkan kapas. Setelahnya, tuang make up remover ke kapas secukupnya dan usapkan secara perlahan pada seluruh wajah. Anda juga bisa menggunakan satu kapas untuk membersihkan satu bagian di wajah, lalu ganti kapas untuk membersihkan bagian lain.

Setelah wajah bersih dari riasan serta debu, saatnya untuk menggunakan sabun cuci muka. Sama seperti make up remover, pilih face wash atau sabun cuci muka yang paling sesuai dengan jenis kulit Anda. Hal ini untuk menghindari adanya iritasi atau malah memicu jerawat pada wajah.

Kemudian, bersihkan seluruh wajah dengan sabun cuci muka. Pastikan untuk mencuci seluruh bagian wajah, termasuk bagian leher dengan perlahan. Setelah dirasa wajah bersih dan terasa kencang, bilas sabun cuci muka dengan air bersih. Pastikan sabun cuci muka dibilas dengan bersih dan tanpa sisa.

Sabun cuci muka ini sangat penting untuk digunakan, meski telah membersihkan wajah dengan make up remover. Dengan face wash atau facial cleanser, membuat wajah menjadi lebih bersih karena mampu membersihkan sisa-sisa kotoran dan debu pada wajah. Sehingga, wajah menjadi lebih bersih dan siap untuk mendapatkan produk skincare lain.

  1. Eksfoliasi

Tahap kedua dalam skincare malam adalah melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Meski begitu, tidak seperti rangkaian skincare malam yang lain, eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari. Eksfoliasi dilakukan maksimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Mengapa demikian? Terlalu sering melakukan eksfoliasi pada wajah akan merusak serta mengikis skin barrier. Skin barrier yang semakin tipis ini nantinya akan membuat kulit wajah menjadi sensitif dan memunculkan masalah-masalah kulit yang lainnya. Produk serta cara untuk mengeksfoliasi wajah ada beberapa macam.

Pertama, eksfoliasi dapat dilakukan dengan menggunakan handuk yang lembut atau dengan menggunakan waslap. Anda cukup membasahi waslap atau handuk yang akan digunakan dengan air biasa, kemudian gosokkan pada kulit secara lembut dengan gerakan yang memutar. Pastikan untuk menghindari area mata, ya!

Kedua, dengan menggunakan scrub wajah. Untuk melakukan eksfoliasi dengan cara ini, kamu perlu membeli terlebih dahulu produk scrub khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit. Setelahnya, gunakan scrub seperti saat mencuci muka dengan perlahan. Jangan terlalu kencang saat menggosok karena akan membuat kulit rusak dan iritasi.

Ketiga, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan produk dari maklon skincare berupa chemical exfoliant yang mengandung bahan AHA, BHA, dan retinol. Chemical exfoliant atau eksfoliasi dengan menggunakan bahan kimia juga bisa digunakan. Mengaplikasikannya pun cukup mudah, hanya dengan kapas atau langsung diusapkan secara perlahan ke wajah.

  1. Toner

Urutan skincare malam yang ketiga adalah dengan menggunakan toner. Biasanya, setelah membersihkan wajah, kulit akan terasa kering dan tidak nyaman. Maka dari itu, toner dibutuhkan untuk mengatasi hal ini. Toner berguna untuk menghidrasi kulit serta memberikan efek menyegarkan pada kulit wajah.

Toner sendiri biasanya digunakan sebelum menggunakan serum wajah, karena teksturnya yang lebih cair dan ringan. Produk toner umumnya menggunakan bahan-bahan yang mampu menghidrasi kulit serta mengembalikan keseimbangan pH kulit. Untuk itu, pilih toner dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Cara menggunakan toner juga mudah. Anda cukup menuangkan beberapa tetes toner ke telapak tangan yang bersih. Setelahnya, usapkan toner yang ada di telapak tangan tersebut ke wajah dengan perlahan. Tekan dan tepuk-tepuk dengan pelan wajah dan leher agar toner meresap ke kulit wajah.

Sebenarnya, toner ini bukanlah step skincare yang wajib untuk dilakukan. Namun, pemilik kulit kering serta berjerawat sebaiknya menggunakan toner dengan rutin agar kulit wajah terhidrasi dengan baik. Untuk pemilik kulit normal atau berminyak, toner bisa digantikan dengan essence.

  1. Serum

Tahap keempat dalam melakukan skincare malam adalah dengan menggunakan serum. Serum sendiri sebenarnya tidak wajib untuk digunakan. Namun, serum dianjurkan karena mampu merawat kulit wajah dengan mencegah penuaan dini, mencerahkan, hingga meningkatkan elastisitas, dan sebagainya.

Produk serum memiliki berbagai jenis yang bisa digunakan sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit wajah Anda. Misalnya saja ada serum anti aging, brightening, hydrating, acne, dan lain sebagainya. Kandungan produk serum pun juga beragam, seperti niacinamide, vitamin C, retinol, hyaluronic acid, dan lain-lain.

Pengaplikasian serum ini sangatlah mudah. Cukup tuangkan beberapa tetes serum, setidaknya 2 hingga 3 tetes, ke telapak tangan atau langsung ke kulit wajah. Kemudian oles dan ratakan serum tersebut dan tekan perlahan agar serum meresap. Pastikan pipet serum yang digunakan tidak menyentuh kulit secara langsung agar tidak terjadi perpindahan bakteri.

  1. Krim Mata atau Eye Cream

Urutan keempat skincare malam adalah menggunakan eye cream atau krim mata. Krim mata ini berguna untuk menyamarkan mata panda dan membuat bagian bawah mata menjadi tampak lebih segar. Kulit disekitar mata biasanya lebih sensitif dan rentan dibandingkan bagian lain, sehingga pemakaian krim mata harus dilakukan dengan hati-hati.

Sama seperti serum dan toner, eye cream atau krim mata sebenarnya bukanlah salah satu produk skincare wajib yang harus dilakukan. Namun, eye cream ini penting bagi Anda yang memiliki kerutan pada bagian area mata, mata terlihat lelah, ataupun masalah mata panda, karena mampu mengatasi masalah-masalah tersebut.

Cara mengaplikasikan krim mata atau eye cream ini mudah. Setelah menggunakan serum, ambil krim mata sebesar satu butir kacang hijau. Kemudian, oleskan pada bagian bawah mata serta kelopak mata, ratakan dengan perlahan. Hindari untuk menarik kulit sekitar area mata terlalu kencang karena area tersebut termasuk area kulit yang sensitif.

  1. Krim Malam

Urutan skincare malam yang keenam adalah dengan menggunakan night cream atau krim malam. Krim malam merupakan salah satu skincare yang wajib digunakan. Night cream atau moisturizer yang khusus digunakan pada malam hari ini memiliki beragam jenis berbeda, mulai dari gel hingga krim dengan konsistensi yang lebih kental.

Karena perawatan wajah yang satu ini wajib dilakukan, tentu dalam memilih produk night cream ini harus dengan cermat dan tidak asal pilih. Pastikan untuk memilih eye cream dengan tekstur yang paling cocok dan sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.

Jika Anda memiliki jenis kulit kering, lebih baik untuk menggunakan krim malam atau pelembab yang memiliki tekstur krim. Bagi pemilik kulit kombinasi ataupun kulit berminyak, krim malam dengan tekstur gel sangat sesuai untuk kulit Anda. Jika memiliki jenis kulit normal, maka Anda bebas menggunakan krim malam yang bertekstur gel maupun krim.

Night cream atau krim malam ini wajib digunakan karena tidak hanya berguna untuk melembabkan kulit wajah.Manfaat dari pemakaian krim malam secara rutin diantaranya adalah memaksimalkan kinerja dari produk skincare yang sebelumnya telah dilakukan. Selain itu, krim malam juga dapat meregenerasi kulit hingga menunda penuaan.

Untuk menggunakan krim malam ini sangat mudah. Cukup oleskan secukupnya pada wajah dan ratakan perlahan. Pastikan untuk menggunakannya hingga bagian leher agar leher terawat dan tidak kendur. Setelah selesai, berikan jeda agar krim malam dapat meresap dengan baik.

Sebelum tidur, pastikan night cream ini telah menyerap pada kulit wajah dengan cara menunggu 10 hingga 20 menit hingga benar-benar kering. Hal ini penting karena berguna untuk menghindari krim malam atau skincare lain menempel pada bantal sehingga tidak terserap dengan baik oleh kulit wajah.

  1. Sheet Mask

Terakhir, gunakan sheet mask jika diperlukan. Meski masker tidak termasuk rangkaian skincare wajib, namun masker wajah mampu merawat kulit wajah dengan lebih maksimal. Memakai masker wajah atau sheet mask setidaknya 3 hingga 4 kali dalam seminggu, mampu membuat kulit terhidrasi dan menjadi lebih lembab.

Karena hal inilah, seseorang yang rutin menggunakan sleep mask atau masker wajah memiliki kulit wajah yang lebih cerah, kenyal hingga berseri dan glowing. Sheet mask ini juga dapat menggantikan peran dari essence, serum, dan moisturizer karena kandungan-kandungannya yang mencakup tiga skincare tersebut.

Setiap produk sheet mask biasanya memiliki caranya sendiri agar kandungan skincare pada sheet mask menyerap dengan baik. Namun, pada umumnya sheet mask digunakan pada tahap paling akhir skincare malam dengan cara menempelkan sheet mask ke wajah, dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu, lepaskan sheet mask saat dirasa wajah telah terhidrasi atau sudah mencapai 15 menit. Kemudian, tepuk-tepuk wajah yang masih basah karena sheet mask agar essence dan kandungan lain lebih menyerap ke kulit wajah. Ingat, jangan bilas wajah setelah menggunakan sheet mask agar kandungan nya menyerap ke wajah.

Nah, itulah urutan skincare malamย yang benar. Melakukan perawatan wajah dengan menggunakan skincare harus mengikuti tahapan-tahapan yang benar. Sebab, saat menggunakan skincare tidak sesuai dengan urutan, sia-sia saja skincare tersebut karena tidak akan diserap dengan baik oleh wajah.

Jangan Sampai Salah! Begini Urutan Skincare Malam yang Benar
Scroll to top