Tempat Wisata di Agam untuk Para Pencinta Air Terjun dan Petualangan

Wisata air terjun berbeda dengan wisata yang sering dikunjungi orang di berbagai tempat. Wisata air terjun merupakan sebuah tempat wisata yang harus dikunjungi dengan persiapan yang matang. Tanpa persiapan tentu wisata ini tidak akan terasa menyenangkan karena akan mendatangkan banyak masalah. Area di sekitar air terjun cenderung lebih dingin terutama ketika air terjun berada di sebuah tempat yang cukup tinggi dari permukaan laut seperti derah Agam. Agama adalah kabupaten di Sumatera Barat. Wilayah Agam sangat luas dan menutupi Kota Bukittinggi di berbagai sisi. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata menarik tapi air terjun merupakan sebuah potensi wisata yang sangat besar.

Air Terjun Gadih Ranti Sebuah Tempat Wisata di Agam

Sebuah air terjun yang terletak di Nagari Tanjung Sani ini merupakan sebuah area air terjun yang memiliki banyak cerita. Cerita rakyat yang dikarang untuk membuat tempat in menarik mengisahkan dua pemuda dan pemuda yang difitnah melakukan hubungan terlarang. Air terjun ini merupakan sebuah tempat yang biasa digunakan oleh Gadih Ranti tokoh perempuan di dalam cerita tersebut untuk mandi. Ide menamakan air terjun ini Gadih Ranti muncul ketika beberapa orang yang mengunjungi air terjun ini mengaku melihat, bertemu atau bermimpi dengan sesosok wanita cantik sedang mandi di air terjun yang diyakini merupakan sosok perwujudan Gadih Ranti yang ada di dalam cerita.

Untuk menemukan air terjun ini seseorang bisa mengambil jalur menuju Maninjau dari Bukittinggi atau Lubuk Basung kalau berangkat dari Padang. Di tengah jalan akan terlihat plang yang menunjukkan arah menuju air terjun Gadih Ranti. Ikuti jalan ini hingga tidak bisa ditempuh oleh kendaraan. Temukan tempat parkir yang pas untuk kendaraan yang digunakan. Jika menggunakan mobil maka tempat parkir akan lebih jauh daripada orang yang membawa motor. Jalan setapak yang harus disusuri untuk menemukan air terjun ini cukup panjang yaitu sejauh 500 meter. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai Jalan ini hampir selalu licin sehingga harus ditempuh dengan sangat hati-hati untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Air Terjun Langkuik Tamiang di Malalak

Ketika berjalan menuju atau dari Padang melewati Malalak maka di tengah jalan di depan spot yang dipasangi huruf besar-besar bertuliskan Malalak akan terlihat air terjun di area yang jauh di dalam hutan. Air terjun ini adalah air terjun Langkuik Tamiang. Malalak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Agam. Di dalam hutan Malalak terdapat 5 air terjun dengan ketinggian bervariasi. Air terjun ini terletak jauh di dalam hutan dan untuk mencapainya membutuhkan usaha yang besar. Untuk mencapai lokasi ini dapat dilakukan pada berbagai tempat tapi tujuan utamanya pasti Malalak. Temukan akses untuk kecamatan ini dengan menggunakan informasi Harga Tiket yang akan menjadikan transportasi dari kota asal menuju Kecamatan Malalak.

Air terjun dapat diakses melalui Desa Nyiur. Ketika sudah berada di desa ini pintu masuk menuju air terjun dapat terlihat dengan mudah. Lokasi air terjun dikelola oleh pemuda setempat yang akan mengarahkan pengunjung menuju air terjun. Membawa salah seorang dari mereka untuk menjadi pemandu bukanlah ide yang buruk. Untuk mencapai air terjun diperlukan fisik yang prima serta perlengkapan yang tepat. Sepatu dan sandal cantik jelas tidak bisa dibawa ke air terjun ini karena jalan yang akan ditempuh sangat sulit. Pengunjung akan mendaki dan menuruni tebing. Waktu perjalanan 45 menit diperlukan hanya untuk mencapai air terjun pertama yang memiliki ketinggian 100 meter.

Tempat Wisata di Agam untuk Para Pencinta Air Terjun dan Petualangan
Scroll to top