Tanaman Hias untuk Pemula

Tidak semua tanaman hias membutuhkan perlakuan dan perawatan yang sama. Ada tanaman hias yang mudah dirawat dan ada juga yang perawatannya cenderung rumit sehingga kurang cocok untuk pemula.

Bagi pemula yang baru mencoba memelihara tanaman hias, tanaman yang tidak rewel dan lebih mudah dirawat memang lebih cocok. Misalnya beberapa tanaman hias untuk pemula berikut:

Kamboja jepang

Adenium yang juga kerap disebut kamboja jepang ini merupakan tanaman hias dengan bunga yang cantik. Namun, selain dinikmati keindahan bunganya yang hadir dalam berbagai warna, kamboja jepang juga memiliki batang yang unik. Pasalnya, batang dan akar kamboja jepang cenderung meliuk-liuk layaknya bonsai.

Meski begitu, tanaman hias yang satu ini tidak membutuhkan perawatan khusus yang rumit. Selain itu, kamboja jepang juga cukup tahan panas sehingga tetap dapat tumbuh subur sekalipun diletakkan di luar rumah dengan pencahayaan penuh.

Sirih gading

Ciri khas sirih gading adalah warna daunnya yang hijau dengan corak putih atau kuning. Tanaman hias yang satu ini termasuk tanaman merambat yang memiliki akar gantung. Oleh karena itulah sirih gading dapat ditanam pada pot biasa maupun pot gantung.

Perawatan sirih gading sangatlah mudah karena tanaman hias yang satu ini sangat toleran. Sirih gading dapat dibiakkan menggunakan stek batang yang ditancapkan ke tanah. Bahkan tanaman hias ini dapat ditanam di media air.

Peace lily

Peace lily adalah tanaman hias yang berdaun hijau dengan bunga putih yang mirip dengan bunga anthurium. Tanaman hias yang satu ini  dapat memberikan kesan alami dan menyegarkan jika diletakkan di dalam rumah.

Selain itu, peace lily juga mampu menyerap polutan serta zat kimia yang berasal dari cat maupun vernis. Oleh karena itulah tanaman hias ini mampu membersihkan udara yang ada di dalam rumah.

Meski mudah dirawat, tanaman hias ini kurang cocok dipelihara jika Anda memiliki hewan peliharaan. Pasalnya, peace lily memiliki racun pada daunnya yang berbahaya jika ditelan hewan peliharaan.

Aglonema

Aglonema yang juga kerap disebut sri rejeki adalah tanaman hias daun yang perawatannya mudah sehingga sangat cocok untuk pemula. Tanaman hias ini dapat dipelihara di luar ruangan karena cenderung tahan terhadap panas dan menyukai sinar matahari langsung.

Di samping mudah dirawat, aglonema memiliki banyak jenis dengan corak serta warna daun yang berbeda. Oleh karena itulah tanaman hias yang satu ini juga dapat dikoleksi.

Sukulen

Sukulen merupakan tanaman dengan batang dan daun yang tebal. Layaknya kaktus, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Bahkan penyiramannya pun tidak perlu sering dilakukan, bisa satu kali seminggu karena tanaman ini menyukai tanah dengan kelembapan rendah.

Selain perawatannya yang mudah, sukulen memiliki ukuran yang mungil sehingga dapat diletakkan di dalam ruangan.

Ada banyak sekali jenis sukulen yang dapat dipelihara oleh pemula, seperti sukulen echeveria, baby toes, zebra, jade, panda plant, dan masih banyak lagi.

Tak hanya tanaman hias untuk pemula di atas, anggrek juga termasuk tanaman hias yang cukup mudah dari segi perawatan. Salah satunya adalah cattleya, jenis anggrek dengan bunga besar yang bahkan disebut Queen of Orchids.

Sama seperti kebanyakan jenis anggrek lainnya, cattleya merupakan tanaman epifit yang tumbuh menempel pada inangnya. Meski begitu, tanaman ini tidak merugikan sang inang.

Tanaman Hias untuk Pemula
Scroll to top