Mengintip 3 Jenis Pupuk Kalium Untuk Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Sebagai upaya dalam menyuburkan tanaman, maka pupuk memiliki peranan yang cukup penting. Ada berbagai macam jenis pupuk yang digunakan, baik oleh petani yang ada di lahannya maupun bagi mereka yang hanya sekedar menyalurkan hobinya. Salah satu jenis yang paling banyak digunakan yaitu pupuk kalium. Penasaran? Yuk simak informasi selengkapnya berikut!

Manfaat Yang Diperoleh Dari Pupuk Dengan Kandungan Kalium Tinggi

Sebelum lebih detail dalam membahas jenis jenis pupuk, maka anda perlu mengetahui lebih detail manfaatnya. Hal ini karena ada yang dikhususkan untuk buah buahan, sayuran, dan bahkan tanaman hias. Tak hanya itu, ada juga yang diklasifikasikan berdasarkan iklim serta cuaca yang ada di suatu lokasi perkebunan atau tempat tumbuhnya tanaman tersebut.

Namun yang paling banyak diandalkan dalam pertanian ini adalah pupuk dengan kandungan kalium yang sangat tinggi. Unsur dari kalium tersebut merupakan salah satu unsur hara yang paling dibutuhkan oleh tanaman. Pasalnya, tanah hanya memiliki jumlah kalium yang sedikit, sehingga membutuhkan boosting dari adanya pupuk tersebut.

Ada beberapa macam manfaat yang bisa diperoleh dari adanya pupuk yang memiliki kandungan kalium tinggi. Salah satu yang bisa anda ketahui yaitu mampu mempercepat proses pembuahan dan tumbuhnya bunga. Tak hanya itu saja, ini juga berguna dalam memperkuat tanaman di bagian bunga, daun, dan buah agar tidak rontok.

Jenis Jenis Pupuk Dengan Kalium yang Tinggi

  1. KCL

Jenis pupuk KCL merupakan jenis pupuk yang mengandung kalium klorida atau disebut juga dengan pupuk buatan. Meskipun buatan, pupuk satu ini cukup susah ditemukan di pasaran. Hal ini karena harga yang dipatok terbilang cukup mahal. Meskipun begitu, jenis pupuk ini tetap menjadi andalan agar memenuhi kebutuhan unsur hara dalam tanah.

  1. KNO3

Jenis pupuk selanjutnya yang mengandung banyak kalium nitrat ini menggabungkan antara dua element. Anda bisa menemukan di dalamnya kandungan berupa kalium (K) dan nitrogen (N). Berkat dua unsur makro yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut, maka pupuk ini terbilang sangat efektif untuk tanaman.

Untuk jenis pupuk nitrat kalium satu ini sangat ideal jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara pada tanaman. Apalagi pada tanaman yang memiliki sensitivitas terhadap klorida atau CL. Ini biasanya digunakan untuk tanaman berupa tembakau. Selain itu, jenis kalium nitrat ini biasanya berwarna putih dan kristal.

  1. ZK

Beranjak ke jenis pupuk berikutnya yang mengandung kalium sulfat memiliki keuntungan yang signifikan. Ini adalah jenis pupuk kalium yang tergolong berkualitas bagus di pasaran sebagai pilihan para petani. Pasalnya, jenis pupuk ini terbuat dari campuran kalium oksida yang dicampurkan dengan asam belerang.

Akibat pencampuran tersebut, banyak orang yang sering menyebut pupuk ZK atau zwavelzure kali. Pupuk yang mengandung kalium sulfat ini memiliki bentuk butiran butiran kecil dengan warna putih. Pupuk tersebut akan cenderung bereaksi asam ketika digunakan pada beberapa kondisi, salah satunya yaitu pada tanah dan tidak higroskopis.

Dalam kegiatan bertani maupun berkebun, para petani membutuhkan nutrisi tambahan berupa pupuk dengan kandungan kalium. Berkat pupuk tersebut, maka tanah yang semula memiliki unsur hara sedikit menjadi tumbuh lebih maksimal. Untuk mendapatkan produk pupuk satu ini, maka bisa dibeli melalui online shop dan dikirim ekspedisi surabaya makassar.

Secara keseluruhan, ada tiga jenis pupuk dengan kandungan kalium yang digunakan oleh para petani. Biasanya pupuk satu ini akan sangat bagus diterapkan bagi anda yang memiliki lahan perkebunan yang cukup luas lengkap dengan produksi yang cukup tinggi. Namun tak menutup kemungkinan akan cocok diaplikasikan di pekarangan rumah.

 

Mengintip 3 Jenis Pupuk Kalium Untuk Mempercepat Pertumbuhan Tanaman
Scroll to top