Macam-Macam Motif Batik Tumbuhan

Motif batik disebut juga dengan pola batik atau corak batik. Motif ini sendiri sebenarnya dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Diantaranya motif batik tumbuhan, motif batik hewan, batik motif geometis, dan motif benda alam lainnya. Kesenian kain batik merupakan sebuah tradisi adat yang turuu temurun. Sehingga banyak motif yang menggambarkan ciri khas sebuah keluarga atau kelompok tertentu.

Diantara berbagai motif yang ada. Motif tumbuhan adalah yang paling banyak ditemui. Motif ini seringkali dikenakan banyak orang. Terdapat banyak motif yang bisa digambarkan. Seperti berupa tumbuhan menjalar, bunga, tumbuhan air dan lain sebagainya.

Macam – Macam Batik Tumbuhan Beserta Makna Dibalik Motifnya

Tidak hanya menggambarkan keindahan. Kain batik bahkan memiliki makna tersendiri. Makna ini dapat disimpulkan dari goresan sketsa yang membentuk sebuah gambar tertentu. Orang terdahulu mengelompokkan penggunaan kain batik berdasar motifnya. Beruntungnya, kini kain batik sudah universal. Dapat dipakai siapa saja dan dimana saja. Berikut ini akan coba dirangkum beberapa motif batik tumbuhan yang di jual di Batik Prabuseno:

Batik Motif Tumbuhan Menjalar

Makna dari batik tumbuhan menjalar adalah kesinambungan antara manusia dengan alam terasa harmonis. Kerekatan hubungan ini tergambar dengan gambar tumbuhan yang menjalar dan tidak putus-putus. Contoh dari motif batik ini antara lain. Batik Luwung Klewer, Batik Cokrak Cakrik, Batik Semen Yogya, batik motif anggur dan banyak lainnya.

Batik Bermotif Tumbuhan Air

Tumbuhan air cukup menarik untuk dijadikan sebuah motif kain batik. Tumbuhan air adalah contoh penggambaran peran tumbuhan air untuk kehidupan manusia. Karena hakekatnya kehidupan manusia juga bergantung pada tumbuh-tumbuhan. Contoh batik tumbuhan air adalah batik Ganggong dan Batik Ganggong Sari.

Batik Motif Hiasan Bunga

Ada banyak bunga yang ada di Indonesia. Beragam warnanya cantik dan berbentuk unik. Inilah alasan mengapa motif batik tumbuhan bunga sangat cocok dipakai. Berbagai jenis bunga memang sangat sedap dipandang. Motif ini juga menggambarkan kesenangan dan keceriaan.

Motif Hias Dedaunan

Selain motif bunga, daun juga menjadi pionir lain yang banyak diminati. Corak daun pada kain batik biasanya berwarna cerah. Makna yang dapat disimpulkan adalah kebahagiaan. Tidak heran jika kain bermotif daun ini sering dipakai baik muda atau dewasa.

Motif Batik Bunga Naga

Batik mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tidak heran jika bermunculan kreasi batik yang lebih segar dan unik. Seperti hiasan motif bunga dan naga. Motif yang satu ini mungkin sedikit rumit untuk segelintir orang.

Namun pola bunga yang tergambar memberikan kesan megah dan mewah. motif ini bisanya dibuat dengan beberapa tahap. Karena proses yang cenderung lebih rumit pengerjaannya akan memakan waktu lebih lama.

Motif Batik Daun Kecebong

Beragam hiasan bentuk flora terkadang menjadi motif kain batik yang populer. Salah satunya adalah motif Daun Kecebong. Daun Kecebong merupakan tumbuhan yang hidup di perairan tenang. Itulah alasannya, motif ini umumnya digambarkan dengan warna-warna yang lembut dan tenang. Pembuatan kain batik motif Daun Kecebng cenderung sulit. Sehingga lebih sedikit orang yang memakainya.

Motif batik tumbuhan tergolong populer, bahkan kain batik juga telah terdengar hingga mancanegara. Sebagai salah satu warisan leluhur Indonesia. Motif batik kini tidak membedakan siapa yang memakainya. Dari anak muda maupun dewasa terlihat serasi bila mengenakan kain batik bermotif tumbuhan. Bebeapa jenis yang telah disebutkan di atas hanya sebuah referensi. Seiring berjalan waktu, banyak motif tumbuhan baru yang bemunculan.