Mengenal Buah Bintaro dan Manfaat Buah Bintaro

Buah bintaro merupakan salah satu buah yang jarang diketahui keberadaan oleh sebagian orang. Padahal buah ini dapat diamanfaatkan untuk mengusir hama tikus dalam rumah. Namun, Anda manfaat buah bintaro, lebih baik Anda kenali terlebih dahulu apa itu buah bintaro. Buah bintaro sendri termasuk tumbuhan mangrove yang berasal dari daerah tropis.

Pohon bintaro ini memiliki berbagai julukan, seperti mangga laut, buta badak, babuto, dan kayu gurita. Sedangkan dalam bahasa latin pohon bintaro ini disebut dengan Cerbera manghas. Buah bintaro berbentuk bulat telur dengan panjang sekitar 5-10 cm. Saat masih muda, buah bintaro ini berwarna hijau pucat.Namun ketika masak, buah ini berubah warna menjadi merah.

Buah bintaro bukanlah buah untuk dikonsumsi.Hal ini dikarenakan buah dan seluruh bagian tanaman bintaro ini mengandung senyawa golongan alkaloid yang memiliki sifat repellent atau antifeedant.Sehingga buah ini menjadi salah satu buah yang beracun. Sehingga cocok digunakan sebagai pengusir hama tikus.

Bagian buah yang paling ampuh sebagai pengusir tikus yaitu bijinya.Sementara itu, manfaat buah bintaro lainnya yaitu buah bintaro dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternative. Hal ini dikarenakan, buah bintaro mengandung selulosa yang berpotensi dalam pembuatan bioethanol melalui proses hidrolisis. Kemudian memecah selulosa menjadi glukosa yang menjadii bahan  fermentasi bioethanol.

Selain itu, buah ini juga berpotensi dalam pembuatan karbon aktif. Sebab, buah ini mengandung lignin yang mana komposisinya hamoir sama dengan temourung kelapa yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan karbon aktif secara komersial.