Fakta Menarik Seputar Letusan Gunung Galunggung yang Perlu Anda Tahu

Erupsi atau letusan salah satu gunung yang ada di Jawa Barat ini memang menggemparkan dunia. Diantaranya yang terjadi pada tahun 1982. Meskipun menjadi salah satu bencana besar yang ada di Indonesia, nyatanya erupsi tersebut membawa dampak pada masyarakat dan kegiatan di kala waktu tersebut. Berikut beberapa faktanya.

Fakta Letusan Dari Gunung Berapi Di Jawa Barat

  1. Tidak Menyebabkan Korban Jiwa Secara Langsung

Erupsi yang terjadi di tahun 1982 ini ternyata tidak menyebabkan korban jiwa secara langsung. Melainkan korban yang meninggal rata rata dikarenakan debu vulkanik yang menutup pandangan. Hal ini menyebabkan banyak terjadi kecelakaan pada masa tersebut.

  1. Penerbangan Dunia Terganggu

Saat terjadinya letusan Gunung Galunggung di tahun 80an tersebut ternyata terdapat dua penerbangan yang memiliki dampak. Diantaranya adalah Singapore Airlines dengan rute Singapura –Sydney yang terpaksa untuk mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma. Selain itu, penerbangan pesawat British Airways 747 juga mengalami gangguan karena salah satu jet mesin mati akibat debu vulkanik.

  1. Peta Wilayah Menjadi Berubah

Akibat letusan gunung satu ini, peta wilayah pun juga mengalami perubahan. Hal ini karena terputusnya jaringan jalan dan juga aliran sungai di perkampungan. Lantaran pada masa tersebut material batuan dari gunung dan lava dingin yang melimpah.

Itulah beberapa fakta terkait letusan yang terjadi pada gunung satu ini. bahkan dampak tersebut tak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia saja, melainkan maskapai dunia pun turut terkena imbas akibat letusan tersebut.