Adakah Bahaya Semangka untuk Ibu Hamil?

Pada saat hamil, mengonsumsi buah dan juga sayur adalah salah satu hal yang bahkan cukup penting. Di mana buah ini memiliki begitu banyak manfaat bagi ibu hamil dan juga janinnya. Namun, ada beberapa kasus yang justru ketika ibu hamil mengonsumsi semangka, mereka mendapatkan banyak efek samping yang bisa dibilang cukup membahayakan bagi kandungan.

Adakah Efek Samping Semangka untuk Ibu Hamil?

Buah semangka sendiri adalah buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu, pada buah semangka sendiri juga terkandung gula alami. Buah yang manis ini memiliki kadar gula yang tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi buah semangka yang berlebihan ini bisa menyebabkan penyakit diabetes gestasional di mana diabetes ini hanya akan terjadi pada saat wanita sedang hamil.

Kemudian, untuk efek negative semangka bagi para ibu hamil ini karena buah semangka ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini akan membuat adanya peningkatan gula darah yang cukup cepat setelah mengonsumsi buah semangka ini sendiri. Bukan hanya diabetes gestasional saja, mengonsumsi semangka untuk ibu hamil juga harus Anda batasi. Sebab, buah ini sangat minim serat. Sedangkan ibu hamil membutuhkan asupan buah-buahan yang mengandung banyak serat.

Untuk manfaat semangka pada ibu hamil ini bisa Anda dapatkan apabila Anda mengonsumsinya dengan tepat bahkan tidak dengan jumlah yang berlebihan. Jangan lupa juga untuk tetap mengombinasikannya dengan beberapa jenis buah-buahan menyehatkan lainnya.