Mengetahui Peristiwa Apa Saja yang Terjadi Pada Siklus Air Dan Bencana Kekeringan

Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Disini, penyaring air Nico Filter akan memberikan informasi mengenai siklus air. Siklus air ini merupakan sebuah siklus yang menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Tentunya air bersih ini sangat diperlukan oleh manusia dalam kesehariannya.

Mulai dari keperluan rumah tangga, keperluan industri, hingga pertanian. Lantas bagaimana cara siklus air dapat menghasilkan air bersih? Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap, uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan manusia.

Air hujan yang jatuh sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah.Biasanya, air tanah ini lebih jernih dan bersih dibandingkan air lainnya.Hal ini dikarenakan air ini sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah ini, Anda harus membuat sumur dengan cara menggali lubang.

Sedangkan air hujan yang tidak terserap air tanah akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air tersebut akan mengalir ke tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan ini biasanya lebih kotor karena mengandung lumpur. Selain itu, air permukaan juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi.

Pada musim kemaran, air hujan yang turun menjadi berkurang. Sehingga dapat menyebabkan berkurangnya air bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, maka bencana kekeringan akan terjadi. Dalam kajian kebencanaan, kekeringan adalah salah satu bencana yang bisa terjadi secara alamiah maupun  karena dampak aktivitas manusia.

Secara istilah,bencana kekeringan adalah kondisi saat suatu wilayah, lahan, maupun masyarakat mengalami kekurangan air, sehingga kebutuhannya tak bisa terpenuhi. Sebelum Anda memahami apa saja yang terjadi pada teks siklus air dan bencana kekeringan, ketahui terlebih dahulu secara lebih terperinci bagaimana kedua fenomena itu terjadi.

setidaknya terdapat beberapa tahapan siklus air yang terjadi di bumi. Berikut ini beberapa tahapan siklus air yang dapat penyaringan air Nico filter berikan kepada Anda:

  • Evaporasi

Evaporasi adalah proses perubahan air dari padat menajdi gas atau uap air di atmosfer. Sekitar 90% proses evaporasi berasal dari lautan. Sedangkan 10% lagi berasal dari perairan darat dan vegetasi.

  • Transpirasi

Transpirasi merupakan proses penguapan air ke atmosfer dari daun dan batang tanaman. Tanaman akan menyerap air tanah melalui akar-akar. Kemudian, tanaman memompa air naik dari tanah untuk memberikan nutrisi ke daun.

  • Evapotranspirasi

Evapotranspirasi merupakan gabungan dari proses evaporasi dan transpirasi pada tumbuhan yang hidup di permukaan bumi

Selain ketiga tahapan siklur air diatas, masih ada lagi siklus air lainnya, seperti kondensasi, presiptasi, infiltrasi dan perkolasi. Sementara itu, untuk kategori bencana kekeringan dibedakan menjadi empat macam. Pertama, kekeringan meterologis.Kekeringan meterologis ini adalah bencana kekerigan yang disebabkan oleh tingkat curah hujan di suatu daerah berkurang jauh dari kondisi normal.

Kedua, kekeringan hidrologis, yakni bencana kekeringan yang terjadi ketika pasokan air tanah dan permukaan berkurang.Ketiga, kekeringan, argonomis, yakni bencana kekeringan yang berkaitan dengan berkurangnay kandungan air di dalam tanah. Terakhir, kekeringan sosial ekonimis.Kekeringan ini merupakan bencana kekeringan alamiah yang lantas berkembang menjadi krisis sosial dan ekonomi.

Lantas apa saja yang terjadi pada teks siklus air dan bencana kekeringan? Peristiwa-peritiwa yang terjadi pada teks bacaan siklus air dan bencana kekeringan yaitu siklus air, penguapan air, hujan, air mengalir, dan terjadinya air tanah.

Categories: