Menengok Sejarah Microsoft dan Perkembangannya, Salah Satu Perusahaan Tersukses Saat Ini

 

Hampir semua orang di dunia rasanya sudah akrab dengan nama Microsoft. Perusahaan ini dikenal sebagai pengembang sebuah sistem operasi komputer, yang melegenda dan banyak digunakan sampai saat ini. Microsoft sendiri sudah mulai didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen sejak tahun 1975-an. Bagaimana sejarah Microsoft dan perkembangannya ? Yuk simak ulasannya berikut.

Sejarah Perkembangan Microsoft

Bill Gates dan Paul Allen merupakan teman masa kecil yang mana keduanya menyukai bidang pemrograman komputer. Memanfaatkan kemampuan yang dimiliki, Bill Gates dan Paul Allen kemudian mencoba membuat bisnis yang sukses. Tujuan awal didirikannya bisnis tersebut adalah untuk menjual serta mengembangkan penerjemah basic untuk perangkat Altair 8800.

Altair 8800 yang dirilis pada tahun 1975 tersebut merupakan komputer pribadi pertama yang ada di dunia, dengan perusahaan MITS di balik pembuatannya. Karena saat itu belum ada penerjemah, Paul Allen pun membuat simulator untuk perangkat Altair. Sedangkan Bill Gates berperan mengembangkan interpreter.

Walaupun kedua orang tersebut hanya mengembangkan juru simulator, alih alih isntrumen asli. Namun juru simulator yang dibuat bisa beroperasi dengan sangat lancar ketika ditunjukkan pada MITS. Oleh karena itu, MITS pun setuju untuk mendistribusikannya dengan nama Altair BASIC.

Secara resmi, Microsoft akhirnya didirikan pada tanggal 4 April 1975 dengan Bill Gates sebagai CEO-nya. Nama Microsoft sendiri diambil dari gabungan dua kata yaitu Micro Computer dan software, yang dicetuskan oleh Paul Allen. Selanjutnya di tahun 1977, perusahaan yang sudah berdiri 2 tahun tersebut membuat perjanjian dengan ASCII Magazine di Jepang.

Perjanjian yang dilakukan ini berujung pada pendirian kantor internasional pertama dengan nama ASCII Microsoft. Dan memasuki tahun 1980, Microsoft baru memasuki bisnis sistem operasi dengan Unix, yang versinya sendiri bernama Xenix. Pada tahun ini pula, tepatnya di bulan November, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft untuk menyediakan versi CP/M OS untuk IBM PC.

Untuk itu, Microsoft pun membeli tiruan CP/M dari seattle computer product yang bernama 86-DOS dan kemudian menggantinya dengan nama MS-DOS, namun diganti kembali oleh IBM menjadi PC-DOS. Setelah IBM PC diluncurkan pada tahun 1981, kepemilikan MS-DOS berhasil didapatkan oleh Microsoft.

IBM sendiri melakukan pendaftaran hak cipta atas IBM PC BIOS yang telah diluncurkan. Sehingga agar perangkat keras non IBM bisa beroperasi sebagai komputer kompatibel, perusahaan lainnya harus melakukan rekayasa mundur. Karena adanya pilihan perangkat lunak MS-DOS dan beberapa faktor lain, Microsoft pun langsung menjadi vendor OS PC terdepan.

Microsoft lalu melakukan perluasan dengan pangsa pasar baru di tahun 1983, dengan meluncurkan Microsoft Mouse dan divisi penerbitan bernama Microsoft Press. Di tahun yang sama, Paul Allen sayangnya harus mengundurkan diri dari perusahaan karena dinyatakan menderita penyakit Hodgkin.

Di tahun 1984, Microsoft Windows pertama kali diluncurkan oleh perusahaan ketika sedang mengembangkan operating system baru bersama IBM. Dan di tahun 1986, Microsoft menjadi perusahaan umum setelah kantor pusatnya pindah ke Redmond. Sementara perangkat lunak perkantoran yakni Microsoft Office sendiri baru diperkenalkan di tahun 1990.

Perkembangan Microsoft Office

  1. Microsoft Office 3.0

Sejarah Microsoft dan perkembangannya untuk Microsoft Office terus dilanjutkan dengan rilisnya versi 3.0 di tahun 1992. Versi ini menyediakan paket aplikasi yang terdiri atas Word 2.0, Excel 4.0, Power Point 3.0, dan Mail 3.0, yang dibungkus CD-ROM. Lalu tahun 1993, Microsoft Access 1.1 dirilis yang merupakan paket baru Microsoft Office professional.

  1. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2

Tidak hanya dapat digunakan di Windows, ketiga versi Microsoft selanjutnya yaitu Microsoft Office 4.0, 4.1, dan 4.2 sudah dapat digunakan untuk sistem operasi Mac OS. Bahkan beberapa versi ini juga kembali mendapatkan pembaruan paket, salah satunya yaitu paket sistem pengolah kata atau word yang menggunakan versi 6.0.

  1. Microsoft Office 95

Untuk Microsoft Office 95 ini dirancang dengan versi 32 bit yang tersedia dalam 2 varian yakni standard dan professional. Versi standarnya terdiri atas Word, Excel, dan Power Point yang sudah menggunakan versi 7.0 serta ditambah lagi aplikasi baru yaitu Schedule +7.0. Sementara untuk versi professional, menambahkan Microsoft Access 7.0 selain dalam bentuk CD-ROM.

  1. Microsoft Office 97

Microsoft Office 97 adalah versi Microsoft pertama yang menggunakan Office Assistant. Dimana untuk versi ini, Microsoft sendiri merilis lebih banyak fitur dan pembaruan bila dibandingkan versi sebelumnya. Beberapa fitur dan pembaruan yang ada antara lain menu dan toolbar baru dengan visual design, command bar, serta natural language system.

  1. Microsoft Office 2000

Microsoft Office 2000 adalah versi terakhir yang dapat dijalankan dan kompatibel dengan Windows 95. Selain itu, versi ini juga periode terakhir yang tidak menggunakan product activation atau fitur untuk mengaktivasi paket Microsoft Office, yang dimulai pada versi setelahnya hingga saat ini.

  1. Microsoft Office XP (2002)

Seperti yang telah disebutkan, versi Microsoft Office XP yang dirilis setelah Office 2000 merupakan versi pertama yang menggunakan fitur product activation. Pada awal perilisannya, fitur ini memang cukup menjadi kontroversi di kalangan penggunanya. Namun fitur ini bertujuan untuk mencegah tindakan pembajakan.

Selain fitur product activation, Microsoft Office 2002 yang dirilis bersamaan dengan Windows XP juga menyuguhkan fitur baru lainnya seperti safe mode dan tag smart. Safe mode memungkinkan pengguna untuk mendeteksi sekaligus memperbaiki sumber masalah yang ada, misalnya add-in yang rusak atau error ketika registrasi.

Sementara tag smart adalah tag kecerdasan yang mampu beroperasi berdasarkan aktivitas para pengguna, misalnya membantu pengguna dalam memperbaiki kesalahan mengetik ketika bekerja dengan Microsoft Word dan Excel. Di dalamnya mencakup kemampuan dikte text, perintah suara yang terintegrasi, dan pengenalan tulisan tangan.

  1. Microsoft Office 2003

Dari namanya, anda bisa melihat bahwa versi ini  dirilis pada tahun 2003 dan menjadi kali pertama bagi Microsoft untuk menggunakan gaya Windows XP beserta iconnya. Dengan membawa logo baru, juga beberapa aplikasi anyar pada paketnya seperti Microsoft One Note dan Microsoft Info Path, terdapat beberapa fungsi yang diperbaharui di sini.

Beberapa fungsi yang diperbarui pada Microsoft Outlook 2003 antara lain fungsi cached exchange mode, RPC over HTTP, dan kerberos authentication. Versi ini menjadi yang terakhir kompatibel dengan sistem Windows 2000, dan di Indonesia sendiri banyak digunakan untuk komputer pribadi, hingga tempat tempat seperti warnet juga rental.

  1. Microsoft Office 2007

Terus berkembang, sejarah Microsoft dan perkembangannya di tahun 2007 menghadirkan kembali versi terbaru dengan banyak fitur dan pembaruan. Beberapa kelebihan yang ditawarkan untuk versi ini antara lain posting blog, bisa diinstal pada Windows XP, equation (fitur untuk menulis rumus), mudah memformat tulisan, groove, dan format baru seperti XML.

  1. Microsoft Office 2010

Diumumkan pada acara Ed Tech, Microsoft Office dirilis secara resmi ke pasaran pada bulan Juni 2010. Dengan versi terbarunya, Microsoft menghadirkan banyak fitur anyar dengan berbagai keunggulan. Seperti menambahkan web video, membuat file PDF, cetak dokumen dengan settingan printer yang dapat diatur sendiri, distribusi slides sebagai video, dan masih banyak lagi.

  1. Microsoft Office 2013

Memiliki nama lain Office 15, Microsoft Office 2013 membawa fitur utama seperti utilizing social media, touch control, dan cloud service. Tentunya pihak Microsoft sendiri terus melakukan pembaruan dan perbaikan dari versi sebelumnya, untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna dengan versi satu ini.

Fitur dan kelebihan Microsoft Office 2013 antara lain bisa digunakan dengan layar sentuh, bisa sinkronisasi dengan device lain, fitur opsi image, fitur shades, integrasi dengan SkyDrive, cloud service, edit PDF yang menjadi lebih mudah, hingga interface baru yang mana antarmuka tersebut sangat serasi dengan Windows 8.

  1. Microsoft Office 2016

Meskipun dirilis dengan nama Microsoft Office 2016, namun nyatanya versi satu ini dirilis oleh pengembang pada bulan September 2015. Dan merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dengan tawaran kelebihan seperti fitur tell me, fitur share and invite, hadir dengan tampilan yang lebih menarik, serta dapat digunakan pada berbagai perangkat.

  1. Microsoft Office 2019

Di tahun 2017, pihak Microsoft sudah mulai mengumumkan rencana peluncuran versi terbaru. Dan akhirnya versi Microsoft Office 2019 berhasil dirilis ke pasaran pada bulan September 2019. Meski tampilannya cenderung sama dengan versi 2016, namun terdapat beberapa penambahan fitur baru yang dibekalkan seperti zoom, insert icon SVG, sampai audio feedback.

  1. Microsoft Office 365

Selain berbagai versi yang telah disebutkan, Microsoft juga sempat merilis versi Office 365 yang diciptakan untuk memudahkan pengguna mengakses informasi secara fleksibel dari mana saja dan kapan saja. Versi ini memiliki kinerja yang aman, sederhana, serta dapat diandalkan untuk komunikasi, produktivitas, dan juga kolaborasi.

  1. Microsoft Office 2021

Kabar terbarunya, Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa versi Office 2021 akan mulai tersedia di akhir 2021 untuk Windows maupun MacOS. Versi ini rencananya akan menyasar pengguna pribadi dan juga bisnis kecil. Diprediksi bahwa Microsoft Office 2021 akan hadir dengan tampilan antarmuka dark mode.

Menggunakan Aplikasi Microsoft Office Secara Gratis

Dengan sejarah Microsoft dan perkembangannya yang membuat perangkat lunak komersial terpopuler hingga saat ini, anda perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk menggunakan software tersebut. Namun ada cara lain yang dapat anda terapkan untuk menggunakan Microsoft Office secara gratis. Tips ini diberikan salah satu situs teknologi Leskompi.com, berikut tipsnya.

  1. Gunakan Microsoft Office Online

Microsoft Office online merupakan layanan yang secara resmi disediakan oleh Microsoft dengan berbasis web. Program ini bekerja dengan dokumen yang tersimpan di One Drive, dan secara keseluruhan gratis. Anda bisa menggunakannya di Windows, Mac, Chromebook, serta Linux. Meski tidak selengkap versi dekstop, namun sudah mencukupi untuk berbagai kebutuhan.

  1. Microsoft Office Professional Plus Trial

Sebelum anda membeli paket Microsoft Office, anda akan ditawarkan uji coba gratis selama 60 hari untuk menggunakan Microsoft Office Professional Plus. Bahkan ada kemungkinan untuk memperpanjang uji coba tersebut, sehingga anda dapat memanfaatkannya untuk menggunakan perangkat lunak dari Microsoft ini secara gratis.

Demikian sejarah Microsoft yang cukup panjang dengan berbagai versi yang telah mereka luncurkan hingga saat ini. Anda bisa menerapkan tips menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti di atas, agar dapat memanfaatkan perangkat lunak perkantoran terpopuler tersebut secara cuma cuma.

 

Categories:

Tags: