Kenali Beberapa Penyebab Mobil Kurang Tenaga di Tanjakan

Bagi Anda para pengendara beroda empat pasti akanmengalami situasi pada saat melintasi tanjakan, mobil Anda memerlukan tenaga lebih jika dibandingkan dengan jalanan yang datar atau menurun. Bahkan mesin mati jika mesin mobil tidak kuat untuk menanjak. Maka dari itu, ketika Anda sedang melintasi tanjakan, mesin dan semua komponen pada mobil Anda harus bekerja ekstra. Anda harus memiliki tenaga yang cukup untuk dapat mempercepat kendaraan saat melintasi bukit, pegunungan, atau tanjakan di mana gracitasi akan menjadi lawan Anda. Maka dari itu, mobil yang Anda kendarai harus bekerja secara maksimal agar Anda mudah untuk melalui lintasan tanjakan tersebut.

Jika Anda menjumpai mesin Anda kurang tenaga di tanjakan, itu tandanya terdapat masalah yang perlu Anda waspadai. Lantas, apa yang menjadi permasalahan atau penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan? Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan mobil kurang tenaga di tanjakan, kursusmekanikmobil.net akan memberikan informasinya kepada Anda. Berikut ini beberapa penyeybab dari mobil kurang tenaga di tanjakan yang dapat Anda ketahui:

  • Kurangnya Pasokan Udara ke Mesin

Penyebab yang pertama yaitu kurangnya pasokan udara ke mesin.Udara sendiri memiliki pengaruh terhadap mesin mobil, walaupun pada umumnya untuk udara di daerah pegunungan mempunyai efek yang baik pada mesin.Namun, tenaga dari mesin mobil tersebut bisa saja hilang jika terdapat masalah yang mana terjadi pada sektor sistem induksi.Oleh sebab itu, tenaga menjadi hilang karena pasokan udara yang mengarah pada mesin berkurang.Biasanya permasalahan ini terjadi apabila filter udara pada mesin mengalami masalah, misalnya, kondisi filter udara yang kotor. Adapunsolusinya adalah dengan membersihkan filter udara atau menggantinya denganyang baru apabila Anda menemukan permukaan filter sudah mulai berwarna hitam

  • Filter Bahan Bakar Kotor

Penyebab kedua yang kursusmekanikmobil.net berikan kepada Anda yaitu filter bahan bakar kotor. Anda tidak dapat memiliki mesin yang bekerja secara optimal tanpa besin yang mengalir di dalamnya setiap saat. Jika Anda tidak memiliki filter bahan bakar kotor, maka hal ini dapat membahayakan kinerja dari mesin mobil yang Anda kendarai. Umumnya, sebuah mobil, saluran bahan bakar terbagi menjadi injector dan tangki bahan bakar.Nah, apabila kotoran tersebut masuk ke sistem injeksi, maka mesin mobil menjadi loss power dan membuat mesin mobil mati mendadak pada saat melintasi tanjakan. Adapun solusi yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membersihkan filter bahan bakar agar kotoran tidak menumpuk agar aliran bahan bakar tidak terhalang.

  • Kampas Kopling Aus

Penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan yang selanjutnya yaitu kampas kopling aus atau sudah habis.Kampas kopling yang sudah aus atau habis juga bisa menyebabkan tenaga mobil berkurang saat melintasi tanjakan.Kebanyakan para pemilik mobil bertransmisi manual pada saat melintasi tanjakan menggunakan setengah kopling.Padahal hal tersebut justru membuat kamps kopling cepat aus.Hal ini dikarenakan, akan terjadi pergesekan antara plat kopling dengan preassyre plat.

Lantas bagaimana cara mengetahui kampas kopling tersebut sudah aus atau belum? Untuk mengetahui apakah kampas kopling tersebut sudah aus atau belum, Anda bisa melihat dari ciri-cirinya. Ciri dari kampas kopling yang sudah aus adalah saat memindahkan gigi transmisi akan terasa sedikit sulit atau tidak semudah biasanya. Adapun solusi yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengganti kampas kopling mobil dengan yang baru.

Categories: