4 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik Di Indonesia

Membaca novel bergenre romance dan friendship menjadi sebuah hal yang sangat biasa. Lebih luar biasa lagi membaca novel sejarah. Novel sejarah ini mempunyai cerita yang tidak kalah menariknya dengan genre novel yang lainnya.

Mengenal Novel Sejarah

Pada dasarnya, sejarah adalah sebuah peristiwa yang sudah terjadi pada masa lampau. Meskipun begitu, mengingat akan sejarah menjadi salah satu hal yang menarik dan sangat penting. Tidak hanya mengenang jasa para pahlawan terdahulu, mempelajari sejarah juga bisa dijadikan sebagai ajang refleksi supaya tidak melakukan kesalahan yang sama dan menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Selain melalui buku sejarah atau berbagai catatan arsip sejarah, Anda bisa mengulik berbagai peristiwa sejarah dengan membaca karya sastra novel sejarah. Meskipun sebagian besar novel sejarah mengambil kisah fiksi dan sering diperdebatkan kronologisnya, novel ini tetap banyak disukai. Jenis novel ini juga menjadi referensi dan gambaran mengenai bagaimana keadaan geografis, lingkungan sosial, adat istiadat dan juga politik pada masa itu.

Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik

Berikut ini ada beberapa rekomendasi novel sejarah terbaik berdasarkan Ranahnetizen.Com

  1. Laut bercerita

Novel sejarah pertama berjudul Laut Bercerita karya Leila S Chudori. Novel ini berkisah mengenai seorangan mahasiswa dan sekaligus seorang aktivis yang sangat kritis dan berani menyuarakan berbagai macam isu sosial pada masa orde baru. Karena dianggap sangat berbahaya, pemuda yang bernama Laut ini berserta kelompoknya ditangkap kemudian disiksa. Meskipun mendapatkan hukuman fisik dan juga mental, Laut tetap bersikukuh dengan prinsip dan perndiriannya hingga akhir. Dengan membaca novel ini, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaiamana kondisi masyarakat dan politik pada era tersebut.

  1. Gadis Kretek

Bagi  Anda yang ingin tahu tentang sejarah industri kretek di negara Indonesia, maka Anda harus membaca novel karangan Ratih Kumala yang berjudul Gadis Kretek. Novel ini mengambil latar belakang pada masa perjajahan belanda sampai era kemerdekaan.

Gadis Kretek menceritakan mengenai napak tilas pencarian seorang perempuan yang misterius yang bernama Jeng Yah. Tiga orang tangguh bernama Lebas, Karim, dan Tegar terlibat dalam pencarian ini Di dalam perjalanan pencarian Jang Ya, mereka bisa menguak sebuah rahasia gelap keluarga mereka.

  1. Amba

Peristiwa G30S PKI merupakan sebuah catatan kelam dalam sejarah Indonesua yang mana tidak akan mudah dilupakan dan sekaligus meninggalkan sisa luka banyak orang. Ada banyak karya sastra seperti novel, cerpen, piusi, dan lainnya yang mengingatkan akan peristiwa tersebut.

Salah satunya adalah novel berjudul Amba. Novel ini adalah karangan dari Laksmi Pamuntjak. Novel ini menceritakan tentang Amba dan Bhisma yang merupakan sepasang muda-mudi yang harus terpisah karena situasi politik saat itu.

Meskipun Amba merupakan cerita novel bergenre romantic, namun ada nanyak sekali berbagai macam informasi sejarah yang bisa diambil di dalam cerita ini. Misalnya saja gambaran kehidupan tahanan politik yang diasingkan di pulau Buru. Selain itu, Anda juga bisa melihat dan merasakan kesengsaraan serta penantian panjang untuk bisa pulng kembali ke kampung halaman.

  1. Orang Proyek

Rekomedasi novel sejarah terakhir berjudul orang proyek. Novel ini karya dari penulis terkenal Ahmad Tohari. Novel ini menceritakan seorang tokoh utama bernama Kabul yang merupakan seorang insinyur dengan integritas dan idealisme yang tinggi. Namum dia terpaksa harus berhadapan dengan budaya korupsi dan masif.

Dalam novel ini penulis ingin menunjukkan betapa bobroknya para oknum pada masa tersebut pada saat menjalankan sebuah proyek untuk keuntungan mereka sendiri. Ini juga menjadi sebuah sindiran keras terhadap budaya KKN.

Categories: