Mengenal Masjid Namira Lamongan, Sebuah Masjid Bernuansa Masjidil Haram

Jawa Timur merupakan wilayah yang kental akan nuansa islaminya. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pondok pesantren yang terkenal dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hal ini pula yang mengakibatkan banyaknya bangunan masjid dengan nuansa khas tersendiri. Sebut saja salah satunya adalah Masjid Namira Lamongan.

Masjid Namira ini dibangun pada tahun 2013 dengan luas sekitar 2,7  hektar. Masjid ini berlikasi di KM 5 Jalan Raya Daerah Manup, Desa Joo Sanur, Tikung, Lamongan. Sama seperti masjid lainnya, masjid ini juga memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan dari masjid ini yaitu adanya kiswah asli yang khusus didaangkan dari Mekkah.

Kiswah ini terletak di depan mimbar atau tempat imam biasanya melakukan sholat dengan para jamaah. Selain itu, pada salah satu sudutnya terdapat penutup ka’bah yang sudah pasti terjamin keaslianna. Penutup ka’bah ini ditutupi dengan kaca berukuran besar. Hal ini dilakukan agar penutup ka’bah tersebut tidak mudah kotor dan rusak.

Ketika sudah memasuki waktu adzan dan iqomah, pengucapa iqomat dilakukan persis seperti di Mekkah. Sehingga pada saat Anda berkunjung kemari nuansa seperti Masjidil Haram akan terasa disini. Tidak sampai situ saja, model bangunan dari Masjid Namira Lamongan didominasi dengan warna emas. Sehingga mirip seperti masjid di Arab .

Selain itu juga terdapat aksesoris tambahan seperti lampu yang juga bernuansa cantik, mewah dan indah. Sehingga bangunan masjid ini terkesan hangat dan indah.

 

Categories: