Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI Perah? Berikut Alasan serta Tips Mengatasinya

Terkadang karena alasan kesibukan pekerjaan, seorang Ibu terpaksa meninggalkan bayinya. Maka ASI perah menjadi pilihan pengganti menyusui langsung. Namun bukan berarti tanpa masalah, karena tidak biasa, terkadang si bayi malah tidak menyukainya. Berikut ini beberapa alasan kenapa bayi tidak mau minum ASI Perah!

Alasan Bayi Tidak Mau Minum ASI Perah

ASI perah diharapkan menjadi solusi pengganti ASI murni dari sumbernya. Walau sebenarnya tidak ada yang bisa menggantikan peran ASI yang sangat eksklusif. Lantas apa alasan bayi tidak mau minum ASI perah? Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Mempunyai rasa yang berbeda

ASI perah umumnya dibekukan melalui freezer. Cara penyimpan inilah yang bisa menjadi alasan bayi tidak menyukainya, karena sudah ada perubahan rasa dari yang aslinya.

Faktor suhu dan cara penyimpanan harus menjadi perhatian. Hal ini karena  jika bau makanan di dalam kulkas ikut terserap ke dalam ASI perah, maka dapat berefek pada perubahan rasa.

Masalah lain yang ditimbulkan akibat penyimpanan di dalam kulkas adalah adanya perubahan bau. Bau kulkas ini mungkin saja tidak familiar bagi bayi sehingga menjadi penyebab tidak mau minum ASI perah.

  1. Perbedaan bentuk

Bayi sudah terbiasa dengan posisi menyusui langsung ke payudara. Sedangkan untuk ASI perah ada perbedaan bentuk karena melalui media seperti botol dot. Nah karena pemberian ASI perah lewat botol dot inilah yang menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Terutama dalam posisi menyusui.

Apalagi jika ukurannya tidak tepat misal terlalu kecil atau terlalu besar. Karena keluarnya bisa kebanyakan atau malah terlalu sedikit. Maka carilah pilihan botol dot yang sesuai. Jika terlalu rewel, bisa memperluas pencarian seperti membeli botol susu anti kolik.

  1. Timing menyusui yang kurang pas

Alasan bayi menolak ASI perah tidak selalu karena ada perubahan-perubahan seperti penjelasan di atas. Akan tetapi bisa jadi karena timing atau waktunya yang kurang pas. Misalnya saat bayi merasa belum lapar. Tentu bayi akan melakukan penolakan. Sebaiknya juga  jangan terburu-buru saat menyusui. Pastikan dapat mengira-ngira waktu terbaik pemberiannya.

Selain karena belum lapar, bisa juga karena bayi sedang mengantuk. Karena alasan inilah yang membuat bayi menolak pemberian ASI perah. Maka siasati pemberian ASI perah hanya pada saat bayi benar-benar terjaga.

Tips Supaya Bayi Mau Minum ASI Perah

Bayi yang menolak minum ASI perah telah menjadi tantangan tersendiri. Karena biar bagaimanapun menyusui langsung itu tak tergantikan. Namun ada beberapa tips supaya bayi mau minum asi perah jika keadaan memang mengharuskan begitu.

Yang pertama adalah memastikan dot atau wadah tidak berbau dengan kata lain botol tersebut  tidak dipakai untuk jenis makanan lain. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya  bahwa perubahan rasa dan bau yang menjadi penyebab bayi menolak ASI perah.

Langkah kedua gunakan media yang lainnya. Selain dari botol dot, jika bayi tetap tidak menyukai cara tersebut ,maka bisa memakai media lain seperti sendok, pipet ataupun gelas. Metode yang sangat  variatif ini dapat menentukan kira-kira mana media yang cocok dengan bayi.

Langkah ketiga, cobalah untuk melatih bayi agar terbiasa menggunakan ASI perah. Dengan latihan rutin bukan tidak mungkin membuat biaya lama-lama terbiasa, beradaptasi dan pada akhirnya akan mulai menyukai ASI perah. Ini menjadi salah satu cara yang cukup efektif agar si kecil terbiasa dengan susu perah.

 

 

 

 

Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI Perah? Berikut Alasan serta Tips Mengatasinya
Scroll to top