Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo merupakan gunung dengan tipe strato atau gunung yang berbentuk kerucut. Gunung ini terletak di antara dua wilayah, yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Gunung Telomoyo memiliki ketinggian mencapai 1.894 meter di atas permukaan laut dan tercatat belum pernah meletus sepanjang sejarah. Selain itu gunung ini dapat terlihat dari kota-kota sekitarnya, seperti, Ambarawa, dan Secang, Salatiga Magelang.

Gunung Telomoyo berada di antara Gunung  Ungaran, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu. Gunung ini terbentuk dari selatan Gunung Soropati yang mengalami erosi dan runtuh pada masa Pleistosen.

Akibat runtuhan tersebut, terbentuk sebuah cekungan berbentuk U yang membuka ke arah tenggara. Kemudian Gunung Telomoyo muncul di sebelah selatan depresi setinggi 600 meter dari dasar cekungan.

Jalur untuk menuju ke puncak Gunung Telomoyo telah diaspal sehingga memudahkan pengunjung karena dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan maupun berjalan kaki. Di pertengahan menuju puncak gunung terdapat air terjun kecil dan pemandangan di sekitar gunung ini sangat menawan. Saat ini di puncak Gunung Telomoyo banyak didirikan menara penerus sinyal radio.

Di Gunung Telomoyo ini terdapat beberapa spot untuk foto yang menarik seperti, pot  awang-awang sky view Telomoyo, Inggil Telomoyo dengan aktivitas flying fox, Taman Langit Telomoyo, dan Camping ground di puncak Telomoyo.

Gunung Telomoyo
Scroll to top