5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak dengan Mudah

Kesehatan anak merupakan salah satu prioritas bagi orang tua. Pasalnya, ketika anak sakit, anak akan menjadi lebih lesu sehingga membuat orang tua juga ikut sedih. Agar anak tidak mudah sakit, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan tubuh anak yang bisa Anda ikuti.

Cara Menjaga Kesehatan Anak

  1. Lakukan Pemeriksaan Rutin dan Imunisasi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan buah hati adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin hingga melakukan imunisasi. Pemeriksaan rutin untuk anak, misalnya saja ke dokter gigi, akan membuat Anda mengetahui perkembangan dan kesehatan tubuh pada anak.

Selain melakukan pemeriksaan rutin, imunisasi juga hal yang penting untuk anak. Pasalnya, setiap jeni imunisasi mampu ย melindungi anak terpapar dari virus-virus yang membahayakan. Untuk itu, imunisasi ini penting untuk diikuti mengikuti anjuran pemerintah Indonesia serta dokter yang berkaitan.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan tubuh anak yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan bergizi setiap harinya. Dengan makanan sehat dan bergizi tinggi, organ -organ yang ada di dalam tubuh anak akan bekerja dengan efektif dan lebih optimal. Selain makanan, bisa juga minuman bergizi, salah satunya dari minuman serbuk penuh vitamin dan mineral.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan berbagai nutrisi seperti protein, mineral, karbohidrat, hingga vitamin. Kebutuhan ini perlu dipenuhi setiap harinya agar anak tidak mudah sakit karena kurangnya asupan nutrisi yang menyehatkan. Konsumsi makanan bergizi bisa didapatkan dengan cara memasak makanan untuk si kecil sendiri dengan bahan-bahan yang menyehatkan.

  1. Menjaga Kebersihan

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan sang buah hati adalah dengan mengajari anak untuk menjaga kebersihan. Ada banyak sekali bakteri, virus, dan kuman-kuman sumber penyakit yang tidak kasat mata di sekitar anak. Untuk itu, anak perlu dibiasakan untuk menjaga kebersihan, baik kebersihan diri, kebersihan makanan, hingga kebersihan lingkungan sekitar.

Salah satu contoh menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang rawan membawa bakteri berbahaya karena sering bersentuhan dengan berbagai benda. Untuk itu, ajarkan anak untuk menjaga kebersihan dengan cara sederhana seperti selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Cara lain untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga secara rutin atau bermain permainan yang melibatkan gerakan fisik seperti bermain sepeda, kejar-kejaran, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa membuatkan anak jadwal tidur setiap harinya. Tidur yang cukup setiap hari mampu menjaga kesehatan tubuh anak karena dapat meningkatkan imun pada tubuh. Tidak hanya fisik yang harus dijaga, namun pastikan mental atau rohani anak juga terjaga dengan cara mengajak bermain atau bercanda agar anak tidak mudah stress.

  1. Ajak Anak Untuk Aktif

Di era teknologi ini, kebanyakan anak telah kecanduan bermain gadget sejak dini. Bermain gadget membuat anak menjadi tidak aktif dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan duduk bermain handphone atau rebahan. Selain membuat anak kurang bersosialisasi, hal ini juga membuat anak lebih mudah sakit.

Untuk itu, Anda bisa mengajak anak untuk menjadi lebih aktif. Misalnya saja dengan membatasi waktu bermain gadget untuk anak setiap harinya. Lalu, Anda bisa alihkan anak untuk bermain permainan lain, seperti bermain di luar rumah dengan teman-teman, bersepeda sore, bermain puzzle, dan lain sebagainya.

Demikian 5 cara menjaga kesehatan tubuh anak yang sangat mudah untuk diikuti. Menjaga kesehatan anak sangatlah penting agar anak dapat berkembang dengan baik dan maksimal, serta membuat anak menjadi tidak mudah sakit.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak dengan Mudah
Scroll to top