Cara Mengempeskan Mata Bengkak Setelah Menangis

Gagal lulus ujian, putus cinta, diturunkan pangkatnya atau orang yang Anda cintai meninggal. Tidak peduli seberapa kuat atau tangguhnya Anda, kita semua pasti akan menangis. Menangis sebenarnya bermanfaat bagi manusia, karena ketika Anda menangis, tubuh Anda melepaskan adrenalin dan kortisol, yang membantu menghilangkan stres yang menumpuk di tubuh Anda.

Anda lega karena Anda telah melepaskan semua emosi dan perasaan yang terpendam. Sekarang saatnya untuk menghapus air mata itu dan fokus pada aktivitas sehari-hari. Lalu, apa yang harus Anda lakukan setelah menangis mata menjadi bengkak? Ada beberapa cara mengempeskan mata bengkak setelah menangis dengan cepat.

Tips cara mengempeskan mata bengkak setelah menangis

Rilekskan wajah Anda dan biarkan air mata yang tersisa mengalir. Menahan napas dan memutar ekspresi wajah agar air mata tidak berulang justru akan membuat kemerahan dan bengkak semakin parah.

Jadi jika mata Anda terlanjur bengkak setelah menangis, silahkan simak tips dan cara mengempeskan mata bengkak di bawah ini.

1. Kompres Air dingin

Tuang setengah air ke dalam mangkuk. Kemudian, masukkan 4-5 es batu ke dalam mangkuk. Ambil kain atau tisu yang dicelupkan ke dalam air es, lalu mulai dari sudut dalam mata, tekan di bawah kulit hingga mencapai sudut luar mata.

Pijat lembut selama sekitar 5 menit. Ulangi proses ini beberapa kali. Atau, Anda bisa menggunakan jari yang bersih, ambil beberapa es batu, lalu pijat mata bengkak Anda dengan cara yang sama.

2. Kompres teh

Kantong teh membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi pembengkakan. Untuk melakukan ini, rendam dua kantong teh dalam air es selama 10 menit, tekan pada kulit di bawah mata Anda sampai mencapai sudut luar mata Anda. Pijat lembut selama sekitar 5 menit. Ulangi proses ini beberapa kali.

3. Peras timun atau irisan kentang

cara mengempeskan mata bengkak klasik ini yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Potong dua potong mentimun atau kentang segar dan letakkan di atas setiap mata. Biarkan selama 10-15 menit.

Sama seperti teh celup, sensasi dingin mentimun dan kentang akan menyempitkan pembuluh darah Anda. Selain itu, mentimun mengandung antioksidan kuat, sedangkan kentang mengandung enzim pencerah kulit yang disebut katekolase.

4. Kompres sendok

Jika Anda tidak punya banyak waktu sebelum kembali ke keramaian setelah menangis, masukkan sendok bersih ke dalam freezer selama 10-20 menit. Kemudian, tekan perlahan sendok tepat di bawah mata, mulai dari bagian dalam mata dan pijat ke arah luar. Bergantian untuk mata lainnya.

Pada saat yang sama, Anda dapat memijat pangkal hidung dengan lembut selama beberapa menit dengan mata tertutup. Fokus pada area di mana kacamata akan beristirahat. Ini membantu meringankan tekanan sinus, yang juga mengurangi pembengkakan.

5. Gunakan Concealer

Tutupi sisa kemerahan pada wajah dan bawah mata dengan concealer berwarna kuning atau hijau. Oleskan pada area yang bermasalah, aduk hingga merata. Terakhir, aplikasikan bedak cair atau bedak padat untuk mengunci concealer pada tempatnya.

Saat bereksperimen dengan alternatif-alternatif ini, Anda harus ingat bahwa tidur tepat setelah menangis dapat menyebabkan mata Anda semakin membengkak karena penumpukan cairan yang disebabkan oleh mata Anda yang tidak berkedip atau bergerak untuk mengeluarkan air mata.

Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal atau beberapa bantaldi bawah kepala Anda sebagai penyangga untuk membantu mengalirkan air dengan lebih baik dari wajah dan kepala Anda.

Jika kamu sudah mencoba menerapkan cara mengempeskan mata bengkak, dan kamu juga memiliki masalah kesehatan lainnya seperti mata minus. Maka pengobatan tercepat dan terefektif adalah dengan teknik Lasik.

Cara Mengempeskan Mata Bengkak Setelah Menangis
Scroll to top