Sejumlah Pilihan Cara Mempercepat Windows 10 Dimulai Dari yang Termudah

Sebenarnya terdapat banyak alasan yang membuat kinerja sistem menjadi lebih lambat. Fitur dalam sistem operasional sebuah komputer, penggunaan RAM yang berlebihan dan berbagai masalah lain bisa menjadi penyebab lambatnya kinerja sebuah komputer. Untungnya walaupun sebuah sistem operasional pada perangkat yang bisa digunakan oleh publik bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik perangkat tersebut. Masalah sistem yang lambat bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik komputer dan bahkan tidak perlu ada software khusus yang dipasang untuk tujuan ini. Hal ini disebabkan karena sistem operasional juga sudah dilengkapi dengan beberapa macam hal yang akan dapat membantu seseorang untuk menjaga performa sebuah sistem walaupun sudah digunakan selama bertahan-tahun tanpa pemeliharaan.

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Sistem dan Perangkat

Sistem yang dijual pada banyak pengguna komputer untuk peringkatnya disiapkan dengan sejumlah fitur yang memiliki banyak tujuan. Salah satu bagian penting dari fitur dalam sebuah perangkat adalah display. Sebuah sistem dengan kemampuan grafis yang bagus akan selalu lebih menarik tapi hal ini juga menghabiskan porsi yang cukup besar untuk diproses sebuah sistem sehingga sering membuat komputer menjadi lambat. Salah satu bagian yang menjadi efek menarik pada display tapi sering tidak diperlukan adalah efek transparan. Efek ini bisa dimatikan dan akan membuat kinerja komputer menjadi jauh lebih baik. Cara memastikannya adalah dengan memilih start, kemudian mengambil pilihan pengaturan atau settings. Pada settings pilih menu personalization dan temukan menu colors pada bagian kiri setelah halaman baru terbuka. Pada bagian kanan akan terdapat fitur transparency effects yang bisa dimatikan untuk mempercepat kinerja komputer.

Sebuah komputer pribadi dengan cakupan penggunaan yang meliputi penggunaan rumahan atau kantoran harus menjalani proses pemeliharaan rutin. Sayangnya tidak banyak pengguna yang memahami hal ini sehingga komputer terus digunakan tanpa pemeliharaan sedikitpun. Setelah beberapa waktu penggunaan sistem menjadi lambat. Hal ini disebabkan karena ada banyak sampah yang harus dibersihkan dari sisa-sisa penggunaan komputer. Untuk membersihkannya masuk ke dalam windows explorer kemudian cari Local Disk C dan klik kanan untuk memilih menu properties. Pada jendela baru pilih tombol disk clean up. Centang pada bagian yang akan dibersihkan dan pilih clean up system files. Semua langkah ini biasanya juga bisa ditemukan dalam tutorial windows 10 untuk pemula.

Cara Lain yang Bisa Dilakukan untuk Mempercepat Komputer

Hal yang membuat sistem menjadi lambat biasanya juga dipengaruhi oleh adanya banyak proses yang harus dijalankan. Oleh karena itu terdapat anjuran untuk memanfaatkan task manager ketika ingin mempercepat kinerja komputer. Biasanya hal yang memperlambat kinerja komputer adalah browser seperti Chrome atau Mozilla. Menggunakan task manager untuk menghentikan program yang sedang berjalan bisa memberikan dampak buruk karena progress apapun yang sudah dicapai pada program yang dihentikan akan hilang. Selain itu karena kurangnya pengetahuan mungkin saja program yang dimatikan memiliki fungsi penting untuk sistem secara keseluruhan.

Jika ingin menggunakan task manager untuk menghentikan program atau proses tertentu maka seseorang harus menggunakannya dengan hati-hati. Pastikan program atau proses yang dihentikan tidak berhubungan program yang sedang digunakan. Kemudian pastikan bahwa hal tersebut juga tidak berhubungan dengan sistem secara keseluruhan. Kesalahan dalam memilih bisa memberikan dampak yang buruk dan memaksa seseorang untuk menghidupkan ulang perangkat mereka. Selain itu proses berlebihan juga bisa diakibatkan oleh keberadaan virus. Gunakan antivirus atau windows defender untuk memeriksa virus secara rutin agar gangguan seperti ini dapat dihindari.

Sejumlah Pilihan Cara Mempercepat Windows 10 Dimulai Dari yang Termudah
Scroll to top