Cara Mematikan Update Otomatis di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi yang terbaik dan populer saat ini. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh windows 10 dan memiliki jenis yang beragam. Tak heran jika ambisi microsoft adalah sebagai penyedia sistem operasi yang ada di seluruh platform.

Untuk itulah, Microsoft juga selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja Windows 10 melalui layanan windows update.

Cara Mematikan Update Otomatis di Windows 10

Meskipun windows update ini memiliki fungsi penting di perangkat komputer, namun banyak pengguna yang mencari cara untuk bisa mematikan windows update ini.

Banyak alasan yang menyertainya diantaranya yaitu tidak selalu terhubung dengan internet sampai menggunakan windows 10 yang palsu.

Mematikan Update Otomatis Windows 10 Lewat Control Panel

Ini adalah cara mudah yang bisa kamu lakukan dibandingkan dengan menggunakan cara lainnya. Untuk mematikan windows update bisa dengan menggunakan fitur control panel.

Dilansir dari situs efyei, Langkah-langkah matikan update otomatis windows 10 di control panel yaitu :

  1. Pertama bukalah menu control panel yang terdapat di komputer. Caranya yaitu klik kanan di START Menu lalu pilih CONTROL PANEL
  2. Selanjutnya cari dan pilih menu SYSTEM SECURITY dan ADMINiSTRATIVE TOOLS
  3. Selanjutnya pada menu Administrative tools terdapat banyak sekali tool. Lanjutkan saja dengan memilih SERVICE setelah itu klik dua kali di windows update.
  4. Di dalam windows update ini maka kamu bisa ubah informasi START UP TYPE menjadi DISABLED setelah itu klik tombol STOP yang ada di pilihan SERVICE STATUS. Lalu untuk langkah terakhir klik OK.

Melalui cara ini maka update otomatis yang ada di windows 10 akan bisa berhenti total. Namun jika kamu ingin melakukan pembaharuan lagu maka kamu hanya tinggal ulangi saja langkah-langkah diatas.Kemudian di langkah terakhir ganti START UP TYPE menjadi ENABLE. Kemudian matikan tool STOP lalu oK.

Mematikan Update Otomatis Windows 10 Melalui Metered Connection

Untuk mematikan windows update otomatis lainnya bias kamu gunakan Metered Connection. Namun apabila kamu ingin menggunakan cara ini maka kamu juga harus pastikan terlebih dahulu sudah terhubung ke internet.

Dan cara ini juga tidak mematikan total update otomatis, tapi hanya membatasi akses internet melalui aplikasi dan sistem saat kamu terhubung ke jaringan dengan kuota yang terbatas.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Kamu bisa membuka menu SETTINGS terlebih dahulu. Selanjutnya pilih NETWORK & INTERNET
  • Kemudian di menu WIFI maka kamu bisa langsung plih ADVANCED OPTIONS. Selanjutnya kamu ubah pengaturan ‘set as metered connection’ menjadi posisi ON.
  • Sehingga setiap kali kamu terhubung ke internet, maka update otomatis windows 19 ini tidak akan bekerja.

Dan jika kamu akan melakukan pembaharuan sistem maka kamu bisa ikuti langkah diatas lalu dibagian metered connection diubah posisinya.

Mematikan Update Windows 10 Melalui Konfiguarsi Windows Update

Bagi yang menggunakan windows 10 Pro, windows 10 education serta windows 10 enterprise maka kebanyakan tidak bisa mematikan fungsi update otomatis melalui dua cara diatas.

Hal ini dikarenakan jenis winows 10 tersebut memang harus mengikuti pada ketentuan update dari Microsoft.

Sehingga memang diperlukan langkah-langkah paksa. Salah satunya yaitu dengan cara mengatur konfigurasi update otomatis dibawah ini.

  • Langkah pertama kamu klik login Windows+R di keyboard. Selanjutnya ketik ‘g.pedit.mso’ lalu pilih OK
  • Kemudian pilihlah menu CONPUTER CONFIGURATION lalu pilih ADMINISTRATIVE TEMPLATES
  • Selanjutnya di bagian administrative templates ini pilih WINDOWS COMPONENTS. Berikutnya pilih saja WINDOWS UPDATE
  • Disini akan muncul banyak tool , namun pilih saja CONFIGURATE AUTOMATIC UPDATES. Caranya yaitu klik dua kali lalu pulih DISABLED lalu OK.

Dengan cara ini windows update akan langsung mati. Jika kamu ingin menyalakannya kembali maka hanya perlu mengganti langkah terakhir di ubah dari DISABLED ke ENABLED.

 

 

Cara Mematikan Update Otomatis di Windows 10
Scroll to top