Mau Tahu Cara Edit Video Yang Mudah? Yuk Simak Ulasannya Di Sini!

Di era yang serba digital ini, video sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari tugas sekolah, pekerjaan, kuliah, sampai dengan kebutuhan bisnis, video menjadi salah satu hal yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Namun terkadang, ada banyak orang yang merasa cara edit video rumit. Padahal, ada beberapa teknik yang bisa diterapkan seperti berikut!

Pentingnya Mengedit Video

Mengedit sebuah video sudah menjadi salah satu skill yang paling diminati belakangan ini. Hal ini karena bertujuan untuk memenuhi suatu kebutuhan, seperti media promosi, penyelesaian tugas, dan lain sebagainya. Tanpa adanya video, maka pesan yang ingin disampaikan kurang jelas, bahkan tidak dimengerti bagi orang yang melihatnya.

Salah satu tujuan dari mengedit video tak lain dan tak bukan untuk merapikan potongan video menjadi suatu kesatuan yang bagus. Tak jarang, mengedit video ini juga identik dengan kumpulan gambar yang bergerak dengan alur tertentu sesuai dengan tema yang ingin dibuat. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan bisa diketahui secara jelas.

Untuk mengedit video, tentu siapa saja bisa memulainya. Pasalnya, ย sudah banyak aplikasi yang ada di laptop maupun perangkat ponsel untuk membantu edit video. Caranya, anda bisa memulai dengan membuat kumpulan foto foto suatu momen berharga, misalnya acara keluarga. Rapikan video tersebut dengan menambahkan musik pengiring dan menonjolkan suasana senang.

Selain berguna untuk menyusun sebuah cuplikan video, editing juga berguna untuk menyampaikan pesan melalui audio visual. Anda bisa mencoba untuk memberikan kesan pada suatu momen yang berharga melalui editing video. Penyampaian pesan ini memang menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan editing video.

Begitu juga dengan penggunaan video sebagai alat promosi atau marketing pada sebuah produk atau layanan. Video yang dibuat harus berhasil diedit dan mampu menyampaikan kelebihan dari brand. Hal inilah yang membuat skill edit video cukup diminati banyak orang dalam kehidupan sehari hari, khususnya dalam kebutuhan bisnis dan lain sebagainya.

Hal Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengedit Video untuk Pemula

Jika anda adalah seorang pemula dalam bidang dunia videografi, maka diperlukan tips dan trik untuk mengeditnya. Bagaimana tidak, sebab proses editing ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Maka dari itu, anda harus mengetahui beberapa langkah agar hasil editing video bisa terstruktur dan bagus.

  1. Memilih Software Yang Sesuai

Sebelum mulai mengedit video, ada baiknya jika mempertimbangkan terlebih dahulu software yang ingin digunakan. Coba pilih perangkat lunak mana yang paling terbaik untuk menunjang editing video. Semua referensi bisa anda cari melalui internet. Sebab, semua software yang ingin dipilih untuk pengeditan sudah tersedia dalam bentuk online.

Kendati demikian, coba pilih salah satu yang paling mewakili semua kebutuhan yang anda miliki. Anda bisa mempertimbangkan dari beberapa aspek, seperti interface, kegunaan, sampai dengan fitur fitur pendukungnya. Kunci dari pemilihan software yang cocok untuk gaya pengeditan yaitu tak hanya yang paling canggih saja, tetapi juga lengkap.

  1. Perhatikan Subjek Di Kamera

Tips berikutnya dipersembahkan oleh Pixel, yang wajib diperhatikan yaitu melihat dengan detail bagaimana gerak tubuh subjek yang ada di kamera. Ini sangat penting agar subjek yang tersorot kamera bisa dengan mudah dipahami oleh orang yang melihatnya. Apabila subjek yang anda miliki adalah manusia, maka perhatikan bahasa tubuh yang digunakan.

Jika anda telah berhasil dalam mengungkapkan bahasa tubuh subjek di mare, maka tentunya akan menghasilkan video yang berkualitas. Jika anda telah menangkap gerak tubuh, sebaiknya hindari editing berlebih pada segmen tersebut. Hal ini akan memberikan durasi yang bisa berakibat kelebihan durasi saat melakukan proses cara edit video tersebut.

  1. Edit Kesalahan

Apabila anda seorang pemula yang baru saja belajar editing, maka tak perlu khawtairtidak memahami berbagai aspek mengenai editing. Salah satu yang bisa anda terapkan yaitu dengan memperbaiki adegan subjek yang ada di dalam video. Anda dapat dengan mudah menghapus atau mengoreksi adegan di aman subjek yang tak terlihat dengan baik.

Akan tetapi jika anda ingin melakukan dengan langkah yang mulus, maka anda bisa mencoba dengan memperbaiki adegan pada subjek yang tak terlihat dengan jelas. Salah satu metode yang bisa anda gunakan dalam mengedit kesalahan atau memotong sebuah adegan . Teknik ini akan melibatkan skill untuk memasukkan gambar dari berbagai macam sudut yang berbeda.

  1. Mempercantik Video dengan Filter Warna

Dalam editing video, maka warna menjadi aspek penting yang dapat disetel agar mampu menyoroti subjek tertentu. Alhasil warna bisa mengatur suasana, bagkan membangkinkan emosi tetentu dalam sebuah video. Jika ingin menerapkan hal tersebut, maka anda tak perlu khawatir lagi. Pasalnya sudah ada program maupun aplikasi yang menawarkan berbagai opsi edit warna.

Anda bisa melakukan pengoreksian warna agar dapat memastikan bahwa suasana dari rekaman video tetap konsisten. Selain itu, anda juga harus memberikan penilaian warna yang baik agar tampilan video menjadi lebih baik dan unik. Kedua aspek tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar mendapatkan tampilan keseluruhan yang bagus.

Teknik Teknik Dasar yang Harus Dimiliki Untuk Editing Video

Jika sudah tahu beberapa aspek mengenai hal hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam editing, maka selanjutnya yang harus dimengerti adalah dasar dasar dalam editing. Apabila masih pemula dan belum mahir, tentu anda bisa mencoba edit dengan sederhana. Anda bisa mendapatkan informasi dasar seperti ulasan berikut.

  1. Trims

Trims bisa menjadi teknik dasar yang bisa anda terapkan dalam memulai editing. Seperti namanya, arti dari istilah ini yaitu memangkas sebuah video atau objek tertentu. Proses editing akan sangat membutuhkan teknik dasar yang satu ini. Anda bisa dengan mudah mengedit suatu bagian yang mana dibutuhkan dan mana yang tidak dibutuhkan.

Selain itu, dalam editing, anda juga dapat menerapkan metode yang satu ini agar memperpendek durasi yang ingin ditayangkan. Tak berhenti sampai di situ saja, adanya teknik trims juga mampu menyusun video sesuai dengan kehendak yang anda inginkan lebih mudah dan tanpa ribet saat cara edit video berlangsung.

Dengan adanya teknik yang satu ini, maka anda bisa dengan mudah menyesuaikan durasi video dengan kebutuhan yang diinginkan. Hal ini berguna agar pesan yang disampaikan sesuai dengan rencana awal. Bisa dikatakan, trim ini berfungsi untuk menentukan sebuah awal dan akhir sebuah video agar durasi bisa ditentukan dengan baik.

  1. Cut

Selanjutnya, anda bisa menerapkan teknik dasar editing Cut. Dengan metode yang satu ini, anda bis amemindahkan gambar satu dengan yang lainnya tanpa perlu khawatir terganggu atau dipecah terlebih dahulu. Cut ini difungsikan untuk memperjelas adegan atau adegan sebelumnya dengan menampilkan beberapa data yang diinginkan.

Namun, untuk menerapkan teknik yang satu ini, maka anda harus memperhatikan beberapa aspek agar hasilnya tidak mengecewakan. Anda bisa melihat aspek komposisi dan kontinuitas pada editing video yang anda terapkan. Kedua point tersebut akan mempengaruhi hasil editing yang anda terapkan.

Jangan sampai mengabaikan aspek tersebut, sebab bisa mengganggu karya dan membuat rancu terhadap alur cerita jika salah penempatan dalam pemotongan adegan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menerapkan teknik yang baik dan benar. Dengan begitu, hasil video yang didapatkan sesuai dengan jalan cerita.

Ketika melakukan cut pada shit video, sebaiknya anda harus melakukannya dengan halus. Ini bertujuan agar tidak terjadi perubahan yang signifikan antara satu adegan ke adegan lainnya. Dengan begitu, para penonton video anda tidak merasakan adanya perubahan yang terlalu mendadak dari editing video yang anda lakukan.

Selanjutnya, coba lakukan cut dengan berhati hati di waktu yang tepat. Pasalnya, cut dilakukan bertujuan untuk menampilkan detail dari suatu poin utama pada video. Hal ini juga sangat berguna dalam memperjelas adegan yang ingin ditampilkan kepada viewers. Seperti contoh, di dekat tumpukan buku, anda bisa memperjelas pada bagian orang yang sedang membacanya.

Tak berhenti sampai disitu saja, sebelum melakukan cit, anda harus memikirkan dengan baik terlebih dahulu agar tak salah penempatan. Jika salah satu adegan saja yang dipotong, maka akan membuat alur dalam video tidak jelas. Akibatnya, video yang dihasilkan memiliki cerita yang rancu dan tidak tepat.

  1. Split

Di teknik berikutnya, anda bisa menerapkannya dengan menggunakan split. Ini bisa digunakan untuk memecah sebuah video agar bisa berubah menjadi beberapa bagian. Pemisahan video ini tentu akan sangat menguntungkan editor jika ingin membutuhkan video dengan durasi singkat.

Selain itu,m ini juga berguna memperpendek durasi video agar adegan satu sama lain bisa dengan mudah dipahami. Teknik split juga memberikan keuntungan dalam proses editing yaitu tak perlu lagi memutar video dari awal lagi. Selanjutnya, ini juga berguna dalam membagi video menjadi beberapa bagian.

Dengan begitu, anda bisa dengan mudah memutar video tersebut ketika ingin membuatnya lagi. Tak ketinggalan, split juga bermanfaat jika anda ingin menyelipkan beberapa selingan video agar mengeditnya dengan mudah. Alhasil, video yang anda edit bisa lebih bagus dan menyesuaikan tema yang digunakan.

  1. Join

Pada teknik yang terakhir, anda bisa menerapkan Join sebagai salah satu proses untuk editing. Teknik yang satu ini bisa diimplementasikan dengan cara menggabungkan antara dua gambar menjadi satu kesatuan. Anda bisa memadukan gambar, musik, video , dan konten lainnya dalam proses editing yang dilakukan.

Jika ingin lebih mahir dalam menerapkan teknik yang satu ini, maka anda bisa mencobanya berulang kali. Setelah mencoba teknik join selama beberapa kali dan berhasil, coba gunakan Screen Recorder PCย untuk merekam bagaimana anda mengeditnya. Hal ini bertujuan agar tidak lupa dengan penerapan teknik Join pada proses editing video.

Bisa dikatakan, cara edit video dengan teknik dasar Join juga memungkinkan penggunanya dalam berkreasi dengan video anda buat. Sebagai contoh, anda bisa memasukkan beberapa elemen yang diinginkan agar menjadi kesatuan yang serasi pada video yang anda buat. Untuk memanfaatkan fungsi ini, anda hanya perlu import gambar, file, atau cuplikan pada video yang anda edit.

Secara keseluruhan, mengedit video tak serumit yang dibayangkan. Meskipun anda seorang pemula, editing akan terasa mudah jika anda paham betul dengan teknik dasar dan pemanfaatan Aplikasi Edit Video. Informasi tersebut bisa anda temukan melalui internet maupun buku. Jangan lupa juga untuk mempraktekkannya agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Mau Tahu Cara Edit Video Yang Mudah? Yuk Simak Ulasannya Di Sini!
Scroll to top