Apa itu Simak UI? Pengertian, Cara Daftar dan Biaya Simak UI

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia tentunya Universitas Indonesia menjadi incaran siswa yang menerima puluhan ribu pendaftar setiap tahunnya. Ada beberapa jalur masuk yang bisa dicoba untuk bisa masuk UI, mulai dari jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan SIMAK UI.

Jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia  atau biasa di singkat SIMAK UI menjadi jalur favorit karena lebih banyak peluang bagi calon mahasiswa baru. Bagi kamu yang mau masuk UI, perlu mengetahui informasi lengkap mengenai SIMAK UI berikut ini.

Pengertian SIMAK UI

SIMAK UI merupakan singkatan dari Seleksi Masuk UI yaitu ujian seleksi terpadu untuk dapar masuk Universitas Indonesia yang diselenggarakan oleh pihak UI itu sendiri.  Program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI adalah Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Spesialis, Profesi , Magister hingga Doktor.  Sementara ujian SIMAK UI untuk Sarjana Kelas Internasional diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Cara Daftar SIMAK UI

  1. Langkah yang pertama adalah membuat akun di situs penerimaan UI. Lalu klik link Buat Akun di kanan atas kemudian isi formulir.
  2. Mengunggah foto diri berwarna dengan ukuran 4×6 cm
  3. Langkah selanjutnya adalah pendaftaran. Kamu bisa masuk menggunakan username dan password yang telah dibuat sebelumnya, lalu pilih menu Buat Pendaftaran.
  4. Lakukan verifikasi pendaftaran. Verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa kamu telah mengecek bahwa formulir yang diisi pada pendaftaran dan pilihan program studi telah terisi dengan benar. Selain itu telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih.
  5. Mengunggah berkas persyaratan pendaftaran khusus pendaftar Program, Profesi, Spesialis Pascasarjana S2, S3, S1 Ekstensi dan S1 Kelas Internasional
  6. Membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran bisa dilakukan setelah menyelesaikan semua tahapan. Formulir pendaftaran dan program studi tidak dapat diubah setelah membayar biaya pendaftaran.
  7. Mengunduh kartu ujian masuk. Kartu tersebut harus dibawa ketika ujian SIMAK UI.

8 Langkah berikutnya adalah mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan.

  1. Terakhir, setelah mengikuti ujian SIMAK UI, kamu dapat melihat hasil seleksi pada pengumuman.

Biaya Pendaftaran SIMAK UI

Biaya pendaftaran SIMAK UI pada program vokasi, S1 reguler dan S1 paralel adalah Rp500 ribu untuk 2 pilihan pertama pada kelompok ujian Saintek maupun Soshum. Jika hanya memilih 1 prodi tetap membayar Rp500 ribu dan bila menambah 1 prodi Rp100 ribu.

Biaya pendaftaran program vokasi, S1 reguler, dan S1 paralel, sebesar Rp600 ribu untuk 3 pilihan pertama pada kelompok ujian campuran Saintek dan Soshum. Jika  memilih 2 prodi tetap membayar Rp500ribu dan bila menambah 1 prodi Rp100 ribu.

Biaya pendaftaran program S1 kelas internasional Rp1,5 juta untuk 1 pilihan.

Selain itu pendaftaran program vokasi , S1 reguler dan S1 paralel bisa memilih hingga 6 prodi yang dapat dikombinasikan. Sementara pendaftar program S1 kelas internasional hanya dapat memilih 1 prodi.

Cara Melihat Pengumuman hasil Simak UI

  1. Buka laman https://penerimaan.ui.ac.id/
  2. Pada keterangan “Lihat Hasil Seleksi”, masukkan nomor ujian kamu untuk melihat informasi kelulusan.
  3. Pilihlah jalur “SIMAK”
  4. Setelah itu Klik tombol “Lihat”
  5. Kemudian Hasil Simak UI 2022 akan terlihat.

Demikian info terkait SIMAK UI, dan jika kamu ingin sukses dalam simak UI, yang terbaik adalah mengikuti program BIMBEL SIMAK UI terlebih dahulu.

Apa itu Simak UI? Pengertian, Cara Daftar dan Biaya Simak UI
Scroll to top